Pages

Subscribe:

Rabu, 25 Juni 2014

Gejala penyakit kaki gajah

Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Penyakit ini cukup banyak ditemukan di Indonesia dan semakin luas penularannya.
Penyakit ini ditularkan melalui nyamuk yang menghisap darah seseorang yang telah tertular sebelumnya. Darah yang terinfeksi dan mengandung larva dan akan ditularkan ke orang lain pada saat nyamuk yang terinfeksi menggigit atau menghipas darah orang tersebut. Tidak seperti Malaria dan Demam berdarah, Filariasis dapat ditularkan oleh 23 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes & Armigeres. Karena inilah, Filariasis dapat menular dengan sangat cepat.

Gejala penyakit kaki gajah:
  • Demam berulang – ulang selama 3 – 5 hari. Demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat
  • Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) di daerah lipatan paha dan ketiak yang tampak kemerahan, panas, serta sakit
  • Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan ke arah ujung
  • Filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah.
  • Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas.
Untuk mencegah penyakit kaki gajah ini kita bisa melakukan tindakan membersihkan sarang nyamuk serta berusaha menghindari gigitan nyamuk vektor. Ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan kelambu, memakai obat nyamuk, menutup ventilasi dengan kasa nyamuk serta melakukan pemberantasan nyamuk. Selain itu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan cara case finding, mencari penderita penyakit kaki gajah kemudian mengobatinya sampai sembuh. Ini harus dilakukan karena parasit penyakit kaki gajah berkembang biak di tubuh manusia, bukan dalam tubuh nyamuk yang dapat mengakibatkan cacat permanen pada manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar